>

Ads 468x60px

Senin, 14 Januari 2013

Kurikulum Pendidikan 2013 Terbaru


Info Pendidikan - Pendidikan di Indonesia beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang disignifkan hal itu bisa di lihat dari persentase kelulusan yang hampir mencapai 100%. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah terutama Departemen Pendidikan Nasional yang secara berkala telah memberikan gebrakan baru sehingga kreasi pendidikan lebih terlihat.

 picture from indonesiarayanews.com
Di awal tahun 2013 ini telah terdengar kabar tentang pelaksanaan kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 ini diharapkan bisa membentuk Generasi yang kreatif dan berkarakter kuat adalah generasi yang akan mampu bersaing di era persaingan global di masa depan. Kreatifitas seseorang dapat dilatih melalui pendidikan. Oleh karena itu proses pendidikan harus dirancang untuk mengasah rasa keingintahuan intelektual yang akan melahirkan kreatifitas.

Tiga faktor lainnya yang  menjadi alasan Pengembangan Kurikulum 2013 adalah,

  • tantangan masa depan diantaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan. 
  • kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.
  • fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial (social unrest). Yang keempat adalah persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.

Pada kurikulum terbaru ini rencananya akan diterapkan di kelas 1, kelas 4, kelas 7, dan kelas 10. Untuk kelas 1 dan kelas 4 SD / MI, implementasinya dibatasi hanya 30 persen untuk tiap wilayah. "Sedangkan untuk kelas 7 SMP / MTs dan kelas 10 SMA / SMK / MA implementasinya untuk seluruh sekolah. 

Sebagai langkah awal Mendikbud memberikan contoh pembelajaran tersebut, misalnya guru mengajak siswa keluar ruangan kelas untuk mengamati tanaman di sekitar sekolah. Kemudian guru menanyakan kepada siswa-siswanya kenapa daun berwarna hijau. Siswa diajak menemukan jawaban kenapa daun berwarna hijau. Kemudian ditanyakan lagi kenapa ada daun yang berwarna hijau namun ada juga yang berwarna kuning, dan lain-lain. hingga sekarang kurikulum terbaru 2013 ini masih dalam tahap uji coba. 


 
sumber:http://www.kemdiknas.go.id  

0 komentar:



Powered By rhirie castle